SEKILAS MPPA
PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) merupakan peritel multi-format modern terkemuka di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1986, MPPA berhasil mengoperasikan sejumlah anak perusahaan di berbagai sektor industri. Divestasi sejumlah aset non-inti pada akhir 2012, mempersiapkan MPPA untuk menjadi peritel multi-format. Saat ini MPPA telah menjadi sebuah ikon tujuan berbelanja dan sukses mengoperasikan lebih dari 290 gerai yang tersebar di Indonesia didukung oleh jaringan distribusinya.
Dalam mencapai posisinya yang terpandang saat ini, dibutuhkan transformasi yang dimulai di 2014 dengan penguatan tim manajemen. Di pertengahan 2014, MPPA mempertajam fokusnya untuk menjadi peritel multi-format yang dominan dan dalam pelaksanaannya menekankan pada strategi pertumbuhan yang baru.
Strategi MPPA untuk menjadi operator multi-format mulai digelar di 2015. Beberapa lokasi strategis Hypermart ditutup dan direnovasi untuk menjadi konsep G7 yang sukses serta gerai baru dibangun mengikuti konsep ini. Selain itu, MPPA mulai meluncurkan beberapa format baru diantaranya supermarket premium dengan merek Foodmart Primo, konsep grosir baru dengan merek SmartClub, konsep convenience store baru dengan merek FMX serta Boston Health & Beauty yang telah ditingkatkan.
MPPA tidak melakukan aksi korporasi selama tahun 2016. Namun demikian, pada Januari 2013, PT Multipolar Tbk (“MLPL”) sebagai pemegang saham mayoritas MPPA telah menerbitkan Exchangeable Rights d engan n ilai p okok sebesar U SD300 juta melalui Prime Star Investment Pte Ltd (“Prime Star”), entitas anak MLPL yang dimiliki sepenuhnya, dimana Exchangeable Rights tersebut telah dipesan oleh Temasek Holdings (Private) Limited melalui entitas anaknya, Anderson Investments Pte Ltd (“Temasek”).
PROFIL MPPA
Visi Perseroan adalah Menjadi Peritel Multi-format No. 1 di Indonesia. Dengan Misi Untuk menghasilkan Pertumbuhan Penjualan/Keuntungan yang Berkelanjutan dengan menciptakan Peritel Kelas Dunia terdepan dalam format dan teknologi yang berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia serta Praktik Bisnis yang Relevan dan Terpadu.
Pada akhirnya, bisnis trader yang luas, sebelumnya dilaksanakan di dalam gerai dipisahkan sebagai bagian dari platform grosir yang meraih peningkatan visibilitas menjadi kekuatan dan kelemahan organisasi. Hal ini berguna saat MPPA mulai proses pelembagaan sejumlah proses back end untuk menempatkan MPPA pada pertumbuhan yang berkelanjutan. Perubahan yang paling signifikan ditujukan pada pembatasan pada tingkat harga ke konsumen yang merupakan rintangan operasional dalam pengukuran nilai persediaan berbasis ritel. Tahun ini merupakan awal dari tahun pembenahan yang berlanjut pada 2016, untuk mengatasi rintangan infrastruktur yang menghalangi penciptaan value jangka panjang.
Di tahun 2016, MPPA membuat langkah besar dalam penempatan jangka panjangnya dengan perubahan kritikal pada implementasi dan peralihan ke teknik pengukuran nilai persediaan berbasis biaya di kuartal ketiga 2016. Hal ini merupakan pencapaian penting bagi MPPA untuk mengatasi rintangan akhir yang berdampak pada Same Store Sales Growth (SSSG) yaitu strategi harga. Hal tersebut juga menempatkan MPPA untuk dapat memahami lebih baik atas profitabilitas dari berbagai macam produk sehingga dapat mengendalikan marjin jangka panjang dan penentuan strategi harga pada saat yang bersamaan. Pada akhirnya, MPPA mengantisipasi pentingnya E-Commerce saat MPPA melakukan investasi dan kerja sama strategis dengan MatahariMall.com, portal pasar online yang berkembang pesat di Indonesia. Hubungan ini akan menangkap manfaat gaya hidup digital konsumen modern Indonesia yang berkembang pesat.
Dasar Hukum Pendirian
N/A
Kepemilikan
N/A
Pencatatan di Bursa Saham
Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1992
Kode Saham
MPPA
Modal Dasar
N/A
Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh
N/A
Jaringan Usaha
MPPA melalui format Hypermart, SmartClub, Foodmart, Foodmart Primo, Boston Health & Beauty, dan FMX telah melakukan ekspansi di seluruh Indonesia. Gerai Perseroan telah tersebar luas di Nusantara dari Binjai, Indonesia Barat sampai ke Jayapura, Indonesia Timur.
* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id